"Alhamdulillah, akhirnya Indonesia menang"

Dari sore hari saya sudah melancarkan bujukan ke anak-anak untuk menonton pertandingan Pra Piala Dunia Leg 2 antara Indonesia dengan Turkmenistan, karena ini adalah pertandingan penting untuk menentukan Indonesia lolos ke babak ke 3 Pra Piala Dunia 2014 yang akan diselenggarakan di Brasil. Bujukan saya akhirnya membuahkan hasil hi..hi...anak-anak akhirnya dengan senang hati ikut menonton pertandingan bola ini dengan penuh semangat.
"Alhamdulillah akhirnya Indonesia menang"

Tim Nasional Sepakbola Indonesia akhirnya berhasil memetik kemenangan atas Turkmenistan dengan skor 4-3 pertandingan leg kedua Pra Piala Dunia di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (28/7/2011) . Indonesia bermain bagus, tapi di babak kedua sepertinya pemain kita mulai kehabisan nafas, kehilangan stamina dan konsentrasi. Gol  pertama Indonesia dicetak Christian 'El Loco" Gonzales di menit ke 8. Bermula dari serangan pemain Indonesia dari sisi kanan pertahanan Turkmenistan, M Ilham yang di kawal satu pemain mampu melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti. El Loco dengan sigap menyundul bola dan gol. Skor 1-0 untuk indonesia.

Gonzales kembali menambah koleksi golnya di menit 19. Umpan yang sangat baik dari Boaz Solossa dari sisi kiri pertahanan Turkmenistan dilepas ke Gonzales yang saat itu sudah menunggu di dalam kotak penalti. Gonzales sukses mengeksekusinya. Skor 2-0 untuk Indonesia.

Di menit ke 42 M Nasuha membuat Stadion Gelora Bung Karno bergemuruh hebat. Tendangan spektakuler M Nasuha dari luar kotak penalti menambah Indonesia unggul 3-0 atas Turkmenistan.

Memasuki babak kedua, Turkmenistan akhirnya memperkecil ketinggalan. Pemain Turkmenistan Arslanmurad Ammanov yang melakukan tendangan sudut mengarahkan bola ke ke gawang Ferry. Bola lepas dari pelukan Fery Rotinsulu dan berusaha dibuang oleh M Nasuha tapi malah menjadi gol bunuh diri  di menit ke -71.

Di menit ke 75 M Ridwan menambah keunggulan menjadi 4-1. Ridwan yang berdiri bebas di kotak penalti mendapat umpan dari Boaz Solossa. Pada saat ini kepercayaan diri para pemain mulai  over confidence, yang mengakibatkan lengah dalam pertahanan. Di menit 83 dan 85 Turkmenistan memperkecil kekalahannya dengan menambah 2 gol ke gawang Fery Rotinsulu dengan sangat mudah. Padahal pemain Turkmenistan sudah berkurang satu.

Dengan kemenangan ini, Indonesia pun berhasil lolos ke babak ketiga, dan tinggal melewati dua tahapan (babak ketiga dan empat) untuk bisa tampil di Piala Dunia 2014, di Brasil. Tapi timnas Indonesia masih perlu berbenah diri, hal ini juga disampaikan oleh pelatih timnas Wim Rijsbergen. "Kami memang sempat lengah dalam konsentrasi sehingga terjadi tiga gol untuk tim lawan," kata Rijsbergen seusai pertandingan tadi malam.  "Para pemain sudah menunjukkan kemampuan terbaiknya. Kami hanya mempunyai waktu persiapan pendek selama dua pekan," ungkap Wim Rijsbergen.

Satu hal yang perlu dicatat bahwa kemenangan ini meningkatkan rasa nasionalisme, tidak hanya di kalangan supporter bola tapi di semua kalangan masyarakat yang akhir-akhir ini mulai terkikis. Hidup Indonesia 
.
Susunan pemain:
Indonesia: Feri Rotinsulu, M Nasuha, Zulkifli Syukur, Ricardo Salampessy/Hamka Hamzah, M Roby; M Ridwan, Firman Utina/Tony Sucipto, Ahmad Bustomi, M Ilham/Oktovianus Maniani; Boaz Solossa, Cristian Gonzales

Komentar