Festival Indonesian Youth Conference 2011

Apakah anda pernah mendengar Indonesian Youth Conference?  Kumpulan para pemuda ini mendirikan  IYC dengan tujuan mengumpulkan para pemuda dari seluruh pelosok Indonesia untuk berbagi masalah dan ide, serta meningkatkan kepedulian mereka terhadap isu-isu terkini serta meyakinkan masyarakat bahwa suara pemuda harus didengar dan ditanggapi dengan serius. IYC juga ingin menjadi wadah yang dapat memberikan inspirasi kepada para pemuda di Indonesia agar lebih siap dalam mempersiapkan masa depannya. Karena masa depan negara ini bergantung kepada para pemudanya. Semakin dini para pemuda ini menggali tujuan hidupnya, maka semakin siap negara Indonesia dalam menjawab tantangan masa depan.

IYC pada tanggal 16 juli 2011 baru saja menyelenggarakan Festival, setelah sukses menyelenggarakan Forum dan Festival yang sama di tahun 2010. Dengan tema "Masa Depan Dimulai dari Sekarang", IYC 2011 mengusung 14 topik, diantaranya pendidikan, diplomasi, lingkungan, olahraga, dan surprise session.  Di sesi pendidikan ini, ada 2 narasumber yang hadir, yakni  Najwa Shihab dan mba Indi dari Sokola “sekolah hutan rimba” .Disesi ini dibahas mengenai keadaan pendidikan Indonesia dan bagaimana pendidikan yang inovatif itu. Ditampilkan juga video dari Pak Anis baswedan pemrakarsa gerakan Indonesia mengajar. Pada sesi kreativitas diisi oleh Joko Anwar dan Mirwan. Keduanya menyampaikan bagaimana kita menyalurkan kreativitas kita dan bagaimana aspirasi kita bisa didengar dan direalisasikan. Ada topik olahraga dengan  pembicara Andi Bachtiar dan Denny Sumargo. Mereka sharing bagaimana olahraga kurang mendapat perhatian lebih di mata pemerintah. Dan melibatkan pembicara lainnya seperti Putra Nababan, Billy Boen dan Daniel Tumewa. 

Meskipun hanya menyelenggaran festival, peserta pada tahun ini mencapai 900 orang.  Segmentasi peserta IYC adalah berusia 15 - 24 tahun. IYC 2011 merupakan kelanjutan dari IYC 2010. Tahun lalu festival yang sama digelar dengan tema "Saatnya suara Kita Didengar" . Selain festival, IYC 2010 diisi juga dengan pelatihan, seminar, dan lokakarya. Founder Indonesian Youth Conference, Alanda Kariza  mengatakan bahwa "IYC menjadi wadah yang memberikan kontribusi positif dan saling melengkapi. Dengan ajang ini pemuda bisa berkarya, berkreativitas, hingga berprestasi. Ada seminar dengan tema "Aksi Pemuda dalam Menyelamatkan Bumi", diisi dengan pembicara dari Koalisi Pemuda Hijau (Kophi) dan Bike to Campus. Dia menambahkan, selain festival dengan berbagai seminar, IYC  2011 juga mengadakan talkshow, pameran komunitas, dan pagelaran busana. Salam sukses buat IYC, dan ditunggu festival selanjutnya tahun depan.

Ada banyak pemikiran-pemikiran cemerlang dari pemuda yang berasal dari seluruh Indonesia, yang dapat menawarkan perspektif segar dan solusi yang bisa membantu negeri ini menghadapi abad keduapuluhsatu. Suara pemuda harus didengar dan ditanggapi dengan serius karena ada banyak pemuda yang kritis terhada isu-isu yang kita semua hadapi hari ini. Kita membutuhkan sebuah wadah di mana kita dapat menyampaikan aspirasi dan ide kita, yang memberi kesempatan kepada kita untuk benar-benar “didengar”. Kami pun percaya bawa di era globalisasi ini, di mana bangsa lain telah memiliki parlemen pemuda, kita semua harus mempersiapkan pemuda Indonesia untuk menjadi kompetitif dan diperhitungkan oleh pemuda dari negara lain. (Indonesian Youth Conference)

Komentar